TOP

Kereta Gantung Terbaik di Dunia

Selain sebagai kendaraan yang cepat, selama perjalanan naik kereta gantung mata penumpang dimanjakan dengan pemandangan indah 360 derajat tanpa terhalang apa pun. Berikut adalah kereta gantung terbaik di dunia dengan yang memadukan antara teknologi dan keindahan alam.

Aiguille du Midi, Chamonix, Prancis

Chamonix terletak di dataran tinggi Aiguilles Rouges, Mont Blanc, merupakan tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin pertama pada tahun 1924. Di lokasi ini berdiri kereta gantung yang dibangun untuk memfasilitasi pemain ski atau snowboarding untuk mencapai puncaknya. Kereta gantung ini menanjak dari ketinggian 1.035 meter hingga puncaknya di 3.778 meter, lama perjalanan sekitar 20 menit. Selama perjalanan, mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hutan tertutupi salju dan jurang yang curam.

Skyway Monte Bianco, Courmayeur, Italia

Kereta gantung ini beroperasi sejak 2015, menggantikan kereta gantung lama. Skyway Monte Bianco membawa pengunjungnya ke puncak Punta Helbronner, bagian Pegunungan Mont Blanc di ketinggian 3.500 meter dari Courmayeur di ketinggian 1.300 meter hanya dalam waktu 10 menit saja. Pada ketinggian 2.200 meter terdapat pemberhentian yang disebut Pavillon du Mont Fr├ęty. Selain menjadi tempat istirahat, di sini juga terdapat penyimpanan wine dan dua restoran. Tiap kereta gantungnya dilengkapi dengan dek yang dapat berputar 360 derajat agar penumpang makin mudah menikmati pemandangan ppegunungan salju. Pada musim panas, kereta gantung ini dapat terhubung dengan Aiguille du Midi.

Peak 2 Peak, Whistler-Blackcomb, Kanada

Pembangunan kereta gantung ini adalah tantangan bagi ahli teknik mesin karena menghubungkan dua puncak gunung, yaitu Whistler dan Blackcomb. Selain medan yang berat karena berupa puncak gunung yang bersalju, ahli teknik mesin juga dituntut untuk meminimalkan kerusakan lingkungan. Akhirnya, kereta gantung ini dapat dioperasikan pada 2008 dengan jarak tempuh 4,4 kilometer dan menjadi kendaraan favorit bagi pemain ski atau snowboarding. Kereta gantung ini menggantung di atas lembah yang dalamnya mencapai 436 meter.

Titlis Rotair, Engelberg, Swiss

Titlis Rotair merupakan kereta gantung dengan dek berputar pertama di dunia. Bentuknya bulat dan deknya akan berputar tiap lima menit sekali sehingga menyuguhkan penumpang ke pemandangan dataran tinggi bersalju yang indah. Kereta gantung ini akan membawa pengunjung menuju puncak Gunung Klein Titlis di ketinggian 3.208 meter dari Engelberg kota Engelberg bagian tengah Swiss.

Jackson Hole, Wyoming, Amerika Serikat

Mendapat julukan Big Red atau Red Heli karena tiap keretanya dicat warna merah. Dalam sekali jalan, kereta gantung ini dapat memuat hingga 100 penumpang. Perjalanannya bermula dari Jackson Hole Mountain Resort dan membawa penumpang ke Rendezvous Peak di ketinggian 3.190. Lama perjalanan sendiri hanya sembilan menit saja. Jackson Hole Mountain Resort merupakan resor ski terbesar di Amerika Serikat dan telah beroperasi lebih dari 40 tahun melayani pemain ski atau snowboarding.