TOP

Perayaan Pemenang Kompetisi Pesona GMT

Bertempat di 100 Eatery & Bar, Century Park Hotel Jakarta, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada Rabu (27/7) memberikan hadiah kepada para pemenang Kompetisi Pesona Gerhana Matahari Total (GMT). Terbagi dalam empat kategori, yaitu Foto Jurnalis, Foto Non Jurnalis, Video, dan Menulis, kompetisi yang dimulai pada 1 Maret hingga 30 April 2016 ini ini berhasil mengumpulkan 1.514 foto dari kategori Jurnalis, 663 foto kategori Non Jurnalis, 254 kategori Video, dan 223 kategori Tulisan melalui microsite Indonesia.travel.

Kompetisi GMT merupakan bagian dari kampanye Pesona Indonesia yang dilakukan Kemenpar untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di 12 provinsi yang dilewati GMT pada 9 Maret 2016 sekaligus mengajak para wisatawan domestik mengeksplor negara mereka sendiri. Dengan ajang ini, diharapkan masyarakat dapat saling berbagi wawasan baru, sehingga para pejalan dapat memiliki informasi tentang berbagai tempat berlibur di Indonesia, selain mempromosikan fenomena alam unik itu sendiri sebagai daya jual pariwisata.

 

Gerhana Sumber Devisa

“Kalau dulu gerhana matahari sering dianggap sebagai sesuatu yang negatif, kini semua harus diubah. Fenomena langka ini justru menunjukkan betapa kayanya alam Indonesia, dan kita harus memanfaatkan ini sebagai ajang promosi pariwisata,” jelas Putu Ngurah, Asisten Deputi Komunikasi dan Pemasaran Kementerian Pariwisata.

Putu Ngurah, mewakili Kementerian Pariwisata sedang memberikan kata sambutan.

Putu Ngurah, mewakili Kementerian Pariwisata sedang memberikan kata sambutan.

 

Penjurian kategori lomba foto dilakukan oleh fotografer perjalanan Barry Kusuma, Bambang Wijarnako dari Kemenpar, dan Agus Ryan dari Panorama Media, selain oleh para pengguna akun Instagram. Untuk penjurian kategori lomba video dilakukan oleh videografer Febian Nurrahman, Bambang Wijarnako dari Kemenpar, dan Agus Ryan dari Panorama Media. Sementara untuk kategori lomba tulisan, karya-karya yang masuk akan dinilai oleh blogger dan penulis buku perjalanan Trinity, Bambang Wijarnako dari Kemenpar, dan Fransiska Anggraini dari Panorama Media.

Para pemenang berfoto bersama

Semua juri datang dalam acara ini untuk memberikan hadiah kepada para pemenang dari semua kategori kompetisi, yakni Beawiharta (Juara 1 kategori Foto Jurnalis), Gunarto (Juara 2 kategori Foto Jurnalis), Muhammad Fu’ad (Juara 3 kategori Foto Jurnalis), Hendruw (Juara Harapan 1 kategori Foto Jurnalis), Ricky Qalby Auliya (Juara Harapan 2 kategori Foto Jurnalis), Thomas Andy Kristianto (Juara 1 kategori Foto Non Jurnalis), Lianti (Juara 2 kategori Fotografi Non Jurnalis), Latiko Aldilla Dirga (Juara 3 kategori Fotografi Non Jurnalis), Joshua Marunduh (Juara Harapan 1 kategori Foto Non Jurnalis), Kariadil Harefa (Juara Harapan 2 kategori Foto Non Jurnalis), Yurnaldi (Juara 1 kategori Menulis), Muhammad Toha (Juara 2 kategori Menulis), Rachel Irene Simatupang (Juara 3 kategori Menulis), Eddie Cheever (Juara Harapan 1 kategori Menulis), Yuki Anggia Putri (Juara Harapan 2 kategori Menulis), Ponti Ramanta (Juara 1 kategori Video), Iman Kurnia (Juara 2 kategori Video), Thomas Frederick Davis (Juara 3 kategori Video), Muhammad Ilham (Juara Harapan 1 kategori Video), dan Wisnu Anggara (Juara Harapan 2 kategori Video).

Pemenang pertama yang terpilih di masing-masing kategori berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 15.000.000, travel bag, dan voucher menginap di salah satu hotel ternama di Indonesia. Hadiah untuk juara kedua adalah uang tunai sebesar Rp 10.000.000 dan voucher menginap, juara ketiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000, dan juara harapan berhak menerima uang tunai sebesar Rp 500.000. Semua pemenang juga akan membawa pulang suvenir dari majalah Get Lost serta piagam dari Kemenpar.