TOP

Logo Baru Wisata Toraja

 

Kembali menciptakan citra Tana Toraja untuk lebih dikenal dalam persaingan industri pariwisata, Toraja Destination Management Organization (DMO) secara resmi mengumumkan logo dan slogan yang terpilih mewakili Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara sebagai satu kesatuan destinasi pariwisata. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari proses yang telah berlangsung sejak semester kedua tahun 2014

Logo baru tersebut terinspirasi dari filosofi, unsur dan warna Toraja, yaitu meliputi: pa’ulu karua sebagai simbol bahwa masyarakat Toraja masih melanjutkan ajaran leluhur dan tongkonan sebagai pusat kehidupan. Kemudian ditampilkan pula slogan, “Discover the Sacred Highlands” sebagai pesan mengenai keagungan budaya Toraja dan identitas geografisnya sebagai dataran tinggi.

Toraja DMO sendiri menjadi payung pariwisata regional sekaligus perwakilan dari pemangku kepentingan lokal baik pemerintah, industri pariwisata, akademisi, budayawan, tokoh adat, organisasi pemuda, kelompok agama, dan lainnya. Toraja DMO mendorong pemerintah daerah, bisnis dan asosiasi pariwisata, masyarakat dan pemangku kepentingan eksternal untuk menggunakan logo dan slogan tersebut dalam aktivitas pemasaran dan promosi destinasi, dibawah petunjuk dari Toraja DMO.

Final Logo Toraja - web resolution

Proses pemilihan ini dilakukan dengan memilah tiga logo dan satu slogan yang kemudian diseleksi oleh masyarakat Toraja dan publik. Sosialisasi dan pemilihan dilakukan di Hotel Pantan, Tana Toraja pada 17 April dan Hotel Misiliana, Toraja Utara pada 18 April. Sebuah unit Kelompok Kerja (Pokja) yang bertugas mengelola proses pencitraan secara keseluruhan dibentuk dalam Toraja DMO. Rangkaian kunjungan, diskusi dan sosialisasi mengenai proses ini telah dilakukan oleh Pokja baik di Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja. Secara profesional, proses ini mendapat dukungan dari sebuah brand agency terkemuka yang berbasis di Jakarta.

Logo baru Tana Toraja dipilih oleh 75 persen pemilih secara offline maupun online yang diadakan pada 17-24 April 2015. Pemilihan secara online berlangsung sejak 17–24 April di website Destinasi Toraja www.visittoraja.com yang dibuka untuk umum guna melibatkan masyarakat Toraja dan target pengunjungnya. Rekapitulasi suara selesai sejak awal Mei. Pengumuman logo baru Toraja tersebut juga diikuti sosialisasi selama beberapa putaran mengenai panduan pengguna dan pedoman penggunaan logo dan slogan.

Penciptaan kembali citra Toraja sendiri bertujuan untuk meningkatkan perkembangan ekonomi melalui pariwisata berkelanjutan yang berbasis masyarakat. Toraja memiliki banyak peluang untuk melangkahkan kakinya kembali di peta pariwisata berkat identitasnya yang khas, mulai dari keagungan budaya pagan, corak pedesaan zaman batu, panorama dataran tinggi, serta tentunya kopi  Toraja sebagai salah satu kopi terbaik di dunia.

 

Informasi lebih lanjut bisa mengakses www.visittoraja.com

 

Sumber: indonesia.travel.com