TOP

Tropical Dinner di 1945 Restaurant

In-house restaurant Fairmont Jakarta, 1945 Restaurant yang bertemakan nusantara ini meramu inovasi terbaru melalui program Flavours of Indonesian Archipelago kreasi Chef de Cuisine, Adhitiya Julisandi. Program yang akan menciptakan pengalaman bersantap yang mewah ini terinspirasi dari keragaman cita rasa nusantara dengan menonjolkan eksotika buah-buahan khas Indonesia.

Chef Adhitya menjelaskan bahwa, “Dengan alam tropis dan tanah yang subur, Indonesia memiliki beraneka ragam buah yang kaya rasa. Selama ini buah-buahan dikonsumsi langsung atau diolah dalam menu yang sudah familiar, seperti rujak. Di 1945, kami ingin break the boundaries dan menantang diri kami untuk mengangkat buah-buahan dalam set menu yang lezat dan inovatif. Kami berharap menu ini dapat memberikan kejutan bagi tamu.”

Set Menu yang Inovatif

Program istimewa ini menghidangkan sajian santap malam yang terdiri dari delapan jenis makanan, yang akan dimulai dengan tiga set amuse bouche untuk membangkitkan selera. Set amuse bouche terdiri dari Rambutan – terbuat dari potongan rambutan rapiah yang segar dan dimasak perlahan, dilengkapi poached butter prawn dengan honey mustard, keripik ubi yang didehidrasi, wijen, dan gel rambutan. Ada pula Salak – terdiri dari buah salak segar yang diolah dengan jus lemon dan tomat hijau, rupanya sekilas seperti dabu-dabu khas Manado.

Saus salak kemudian disandingkan dengan tiram yang telah digoreng dengan adonan tempura. Yang terakhir ada Pisang – yang terinspirasi dari menu pisang roa dari Manado, di mana menu ini menggunakan pisang raja yang masih muda dan ikan roa yang diasap selama lima hari. Daging ikan roa disajikan di atas pisang dan kulit ikan roa dibuat sambalnya.

Untuk menu pembuka, tamu dapat menikmati Apel Malang yang segar, yang terdiri dari saus apel Malang yang dimasak dengan gula aren, kayu manis, dan cengkih. Hidangan ini dilengkapi dengan Ranchini yang terbuat dari rajungan yang dipadu dengan nasi dan tinta cumi, singkong tumbuk, dan keripik sago. Selanjutnya ada Bengkuang yang merupakan hidangan lumpia basah, lengkap dengan acar lokio dan saus tamarin.

Untuk hidangan utama, Chef Adhit menyiapkan Manggis yang diolah dengan saus kari dan bubuk kemangi, di mana saus manggis disajikan dengan bebek yang sudah di-dry-aged selama tujuh hari. Ada pula Durian yang terbuat dari durian yang difermentasi, kemudian diolah dengan cabai dan rempah-rempahan, tentu menu ini mengingatkan akan tempoyak. Menu Durian disajikan dengan ikan halibut yang dipanggang dengan teknik salt-baked, lalu diberi tumis bunga pepaya, jagung bakar tumbuk, dan gohu mangga muda. Sebagai penutup, terdapat Pineapple Cake yang terinspirasi dari kue nastar, yang terdiri dari bolu nastar yang dilapisi selai nanas, nastar crumble, gel markisa, tuille kelapa, dan sorbet gula merah.

Set menu kaya buah-buahan nusantara ini dapat dinikmati mulai 27 Juni 2019 dengan penawaran senilai Rp 688.000++, sudah termasuk satu gelas rose wine dan tambahan Rp 400.000 net untuk menikmati empat fruit infused cocktail. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi di 021-2970 3333 atau email di diningreservations.jakarta@fairmont.com.